Sabtu, 08 Februari 2014

Lombok Tengah Tuan Rumah LSN 2017 Region Nusa Tenggara I

Mataram, PKB Kab Tegal. Tahun ketiga pelaksanaan Liga santri Nasional (LSN) 2017 Regional Nusa Tenggara I sudah ditetapkan yaitu akan diselenggarakan di Kabupaten Lombok Tengah, NTB sebagai tuan rumah.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Region (Koreg) Nusa Tenggara I HM. Jamhur didampingi Ketua Panitia Pelaksana Murakip Usman Khotib, Senin (3/7) di Mataram.

Lombok Tengah Tuan Rumah LSN 2017 Region Nusa Tenggara I (Sumber Gambar : Nu Online)
Lombok Tengah Tuan Rumah LSN 2017 Region Nusa Tenggara I (Sumber Gambar : Nu Online)

Lombok Tengah Tuan Rumah LSN 2017 Region Nusa Tenggara I

Untuk sosialisasi, menurutnya, akan dilaksanakan secara internal panitia pelaksana penyelenggara. Dimana secara administrasi SK Panitia Pelaksana sudah diterbitkan oleh Panitia Pusat LSN 2017.

"Penyelenggaraan tahun ini harus lebih sukses sesuai harapan kita bersama," kata Jamhur.

Pihak panitia harus punya target untuk menyukseskan LSN tahun ini, menurutnya hal itulah pentingnya merapatkan barisan. Untuk pelaksanaan yang sudah ditetapkan di Lombok Tengah hal ini juga menjadi syiar terutama mengenai olahraga sepak bola di kalangan para santri.

PKB Kab Tegal

Dua tahun sebelumnya penyelenggaraan LSN dilaksanakan di Lombok Barat tahun 2015 dan Mataram tahun 2016, untuk tahun ini giliran Lombok Tengah jadi tuan rumah.

LSN Region Nusa Tenggara I akan digelar di Stadion Bundar Praya Loteng, tahapan sosialisasi dan pendaftaran dilaksanakan pada 1-31 Juli 2017, tim yang akan bertarung yaitu 32 Pondok Pesantren berasal dari empat kabupaten yakni Lombok Barat, Mataram, Lombok Utara, dan Lombok Tengah. (Hadi/Fathoni)

PKB Kab Tegal

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Halaqoh, Pesantren, Khutbah PKB Kab Tegal

Rabu, 05 Februari 2014

Dear Gus Dur: Pesan Kerinduan untuk Anak Bangsa

Gus, maaf saya lancang menulis surat untuk Anda, saya tahu anda pasti geli membaca surat saya ini, tapi biarlah. Gus, saya tulis surat ini karena sudah gerah dengan hiruk pikuk orang-orang saat ini. Gus, hari-hari ini rakyatmu sedang gundah gulana. Saking galaunya, semua hampir bicara tetang topik yang sama, dan entah kenapa kok saya sudah merasa fokus bahasannya semakin melebar.?

Gus, sebenarnya semua berawal dari dialog seorang, saya enggan membahas apakah ada yang sesuai atau tidak sesuai dengan ucapan beliau, tapi yang pasti, sebagian umat merasa tersinggung, dan mulailah cerita ini berkembang.?

Dear Gus Dur: Pesan Kerinduan untuk Anak Bangsa (Sumber Gambar : Nu Online)
Dear Gus Dur: Pesan Kerinduan untuk Anak Bangsa (Sumber Gambar : Nu Online)

Dear Gus Dur: Pesan Kerinduan untuk Anak Bangsa

Gus, kalau saja anda masih hidup, tolong ajarkan kami secara langsung bagaimana cara hidup rukun berdampingan, ajarkan kami bagaimana minoritas menghargai mayoritas, dan bagaimana pula mayoritas menghargai minortas. Gus, Anda memang bukan tanpa kekurangan, tapi gaya nyeleneh anda yang kadang membuat suasana lebih cair.?

Saya yakin anda pasti bilang, “Kalau ada yang menistakan agama, hukumlah dia, berilah sanksi yang setimpal dan menjadi pelajaran agar bisa lebih baik, tapi yang bikin kita tergeleng-geleng, mereka yang melakukan korupsi, mereka yang mengambil uang rakyat, menebar bom, menyakiti sesama, dan yang memakan bukan hak-nya adalah yang benar-benar menistakan agama”.?

Saya setuju Gus, kemarin sore saya melihat orang-orang marginal, duduk diantaranya seorang ibu dan anaknya yang sedang berbagi sepotong roti. Lalu apa kabar dengan para koruptor itu Gus, mereka yang membuat kemiskinan di negeri ini semakin mengakar, mereka yang mungkin taat sembahyang, berangkat ke gereja, mendekatkan dahi ke tanah, bersujud di mesjid, dan berangkat ke tempat ibadah, tapi mereka membiarkan korupsi merajalela, dan berbuat seolah tak ada apa-apa.

Gus, semua orang menurut saya sekarang terlalu berani menghujat penguasa, saya tahu kritik itu perlu, tapi bukan kemudian menghina, menjelek-jelekan, atau pun menghujat. Ke mana mereka pada saat zaman Orba. Hanya Anda dan segelintir orang yang berani berhadapan dengan penguasa.?

PKB Kab Tegal

Saya dengar cerita pedih Anda saat di depak oleh Pasukan Penguasa dan harus duduk di kursi belakang, padahal itu jelas-jelas acara anda dan NU. Tapi itulah anda Gus, ditakuti penguasa saat banyak orang takut dengan penguasa dan memilih tidak berhadapan dengan penguasa.

Gus, coba ceritakan bagaimana situasi saat anda dilengserkan. Apa jadinya jika anda juga melawan orang yang melengserkan anda. Saat itu anda dipaksa turun tahta, tapi anda tidak kemudian membalasnya dengan parlemen jalanan, atau bahkan pasukan berani mati anda yang sudah siap untuk berangkat ke Jakarta. Bukankah itu yang kita sebut Negarawan, lebih merendah untuk kemenangan bangsa dan negara. Tanpa ingin membuat semuanya menjadi gaduh dan berkembang pada hal-hal negatif yang justru berpotensi memecah belah bangsa.

Gus, saya dengar sekarang hampir tiap hari, ratusan bahkan ribuan orang datang ke tempat peristirahatan Anda, untuk sekedar ziarah dan memanjatkan doa. Tapi saya yakin di hati kecil anda bukan itu saja yang anda ingin. Anda ingin mereka semua bisa hidup damai, mereka semua bisa saling menghargai, saling menghormati, saling membantu selayaknya anak bangsa yang telah ditakdirkan menjadi Seorang Indonesia.?

Mereka tetap berpegang teguh pada akidah dan tuntunan agama, tapi juga menjaga adab, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pada dasarnya kita semua telah sepakat dengan dasar negara Pancasila dan tata aturan kebangsaan yang lain.

PKB Kab Tegal

Gus, Anda mungkin tak akan membalas surat ini, tapi izinkan saya agar seluruh Rakyat Indonesia bisa membaca surat ini. Surat yang dibuat tanpa ada tendensi pada pihak manapun. Surat yang ditulis sebagai bentuk perhatian dan kecintaan dari warga negara terhadap bangsanya. Surat yang ingin menggugah bahwa, berjalan berdampingan, tepo seliro, tenggang rasa adalah bukan sekadar retorika, tapi sungguh sebuah falsafah hidup dan identitas bahwa kita adalah INDONESIA.

(Andi Pamungkas Rahayu)

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Kiai, Bahtsul Masail, AlaSantri PKB Kab Tegal

Kamis, 30 Januari 2014

Pelajar NU Pangenan Bentuk Komisariat di Pesantren Gedongan

Cirebon, PKB Kab Tegal - Pengurus harian Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon terus berupaya melebarkan organisasi di sekolah dan pesantren. Mereka membentuk komisariat di MTs dan MA Manbaul Hikmah dan SMP, SMK, dan MA As-Shighor Pondok Pesantren Gedongan, Pangenan, Cirebon, Sabtu (11/2).

IPNU dan IPPNU yang berbasis pesantren dinilai cocok untuk membentuk komisariat di sekolah tersebut. Terbentuknya komisariat di sekolah itu diharapkan mampu merangkul sekolah-sekolah yang berada dalam naungan pesantren.

Pelajar NU Pangenan Bentuk Komisariat di Pesantren Gedongan (Sumber Gambar : Nu Online)
Pelajar NU Pangenan Bentuk Komisariat di Pesantren Gedongan (Sumber Gambar : Nu Online)

Pelajar NU Pangenan Bentuk Komisariat di Pesantren Gedongan

Pengasuh Pesantren Gedongan KH Mamad Sugiarto berharap, siswa dan siswi sekolah itu dapat aktif dan menjadi anggota IPNU dan IPPNU yang loyal, massif, dan progresif. Dia mengatakan, sudah banyak sekali kader IPNU dan IPPNU di Kabupaten Cirebon yang menjadi tokoh penting.

PKB Kab Tegal

Ketua IPNU Kabupaten Cirebon Muhammad Mumin melalui Wakil Ketua Kaderisasi Hamdan Tsani Tyo mengatakan, IPNU dan IPPNU dinaungi berkah ulama sehingga siapapun yang ikhlas berkhidmat di IPNU dan IPPNU niscaya akan menjadi seorang tokoh dan mendapat keberkahan.

Menurut Ketua IPPNU Kabupaten Cirebon Nurjannah, pembentukan komisariat-komisariat di sekolah bertujuan untuk regenerasi tunas NU dan keberlanjutan roda pergerakan di organisasi NU ke depannya. Untuk itu, Nurjannah bertekad membentuk sedini mungkin komisariat di setiap sekolah demi keberlanjutan organisasi NU ke depannya.

“Proses regenerasi pimpinan NU dimulai dari sekolah-sekolah. Kalau kami berhenti melakukan pengkaderan, maka proses regenerasi pemimpin NU akan terputus,” ujarnya.

PKB Kab Tegal

Namun, untuk membentuk komisariat IPNU dan IPPNU di sekolah, menurutnya, butuh perjuangan keras. Hal itu dikarenakan ada sebagian pelajar yang masih belum mengerti dan tidak memahami apa dan bagaimana IPNU dan IPPNU. Namun, pihaknya berjanji untuk terus melakukan sosialisasi mengenai organisasi pelajar NU itu.

“Apapun yang terjadi kami akan terus membentuk komisariat IPNU-IPPNU di sekolah-sekolah,” pungkasnya. (M Syakir Niamillah/Alhafiz K)Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Hikmah, Ulama PKB Kab Tegal

Selasa, 14 Januari 2014

NU Demak Terima Wakaf Tanah dan Masjid

Demak, PKB Kab Tegal. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama kabupaten Demak Ahad (27/1) menerima pemberian wakaf sebidang tanah dan sebuah bangunan masjid dari H Muslih seorang warga NU asal kampung Krajan desa Jogoloyo Wonosalam Demak.

Dengan diterimanya tanah wakaf dan bangunan tersebut aset NU Cabang Demak bertambah.

NU Demak Terima Wakaf Tanah dan Masjid (Sumber Gambar : Nu Online)
NU Demak Terima Wakaf Tanah dan Masjid (Sumber Gambar : Nu Online)

NU Demak Terima Wakaf Tanah dan Masjid

Rais syuriyah NU Demak KH Alawi Mas’udi saat meresmikan masjid dengan nama Baitul Muhsinin an Nahdliyah tersebut mengungkapkan tanah dan masjid yang telah diterima oleh NU sudah diproses secara administratif dengan pihak terkait baik di Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kantor Kementrian Agama.

PKB Kab Tegal

“Beberapa hari yang lalu pak Haji Muslih mendatangi kami dan berkonsultasi agar NU mau menerima wakaf tanah dan bangunan masjid, setelah ada kesepakatan maka NU menerima wakaf beliau dan langsung kita urus sertifikat wakafnya, maka dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim masjid ini saya beri nama Baitul Muhsinin an Nahdliyah” ungkap kiai Alawi

PKB Kab Tegal

Lebih lanjut kiai Alawi mengatakan tanah dan masjid milik NU tersebut yang sudah diresmikan dalam pengelolaannya diserahkan kepada NU ranting Jogolyo yang mewakilkan pada kiai setempat dan tidak diperbolehkan untuk jum’atan karena ghoiru jami’ (bukan masjid jami’) dalam kelanjutannya diharapkan bisa untuk pusat kegiatan NU selain di kantor cabang,

“Perlu diingat bahwa masjid ini tidak jami’ maka Jum’atannya dimasjid yang lama, pengelolaannya saya serahkan pada NU ranting, karena jangka panjangnya nanti kegiatan NU seperti bahtsul masa’il selain di kantor cabang nanti bisa di masjid ini,” tegas Kiai Alawi.

Sedangkan H Muslih mengharapkan dengan memberikan pada NU wakafnya bisa dimanfaatkan oleh umat dengan sebaik baiknya dikarenakan dia percaya dengan para kiai dan pemimpin NU di Kabupaten Demak,

“Saya warga NU makanya wakaf saya berikan pada NU melalui kiai Alawi, semoga bisa bermanfaat untuk umat,” harap H Muslih.

Berdasarkan informasi yang dihimpun PKB Kab Tegal bahwasannya tanah dan bangunan tersebut berdasarkan jerih payahnya sendiri tanpa melibatkan warga sekitar termasuk saat membangun masjid, murni dikerjakan oleh tukang dan tenaga bayaran tanpa bantuan warga sekitar.

Redaktur     : Mukafi Niam

Kontributor : A.Shiddiq Sugiarto

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Cerita, Budaya PKB Kab Tegal

Sabtu, 11 Januari 2014

Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar

Blitar, PKB Kab Tegal - Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengapresiasi terpilihnya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar sebagai? pemenang? NU Award PWNU Jatim 2016. Menurutnya, prestasi ini tidak hanya keberhasilan warga NU Blitar, tetapi juga keberhasilan masyarakat Blitar secara umum.

Alhamdulillah, kami ucapkan selamat kepada PCNU yang berhasil terpilih sebagai pemenang NU Award tahun ini,” kata Rijanto saat memberikan sambutan pada acara buka bersama bersama tokoh agama dan masyarakat se-Kabupaten Blitar di pendapa Kabupaten, Rabu (29/6).

Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar (Sumber Gambar : Nu Online)
Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar (Sumber Gambar : Nu Online)

Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar

Keberhasilan tentunya harus menjadi motivasi NU Blitar untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada umat.

PKB Kab Tegal

“Salah satu item penilaiannya adalah pelayanan organisasi kepada umat, juga bagaimana kerja samanya dengan semua pihak termasuk dengan pemerintah. Sampean yang hadir tahu sendiri, hubungan kita dan para ulama sangat harmonis sehingga tercipta Kabupaten Blitar yang sangat kondusif seperti ini,” kata Rijanto.

Sebagaimana diketahui PCNU Blitar berhasil terpilih sebagai pemenang NU Award PWNU Jatim. Blitar unggul dari tiga kandidat lainnya, PCNU Magetan, PCNU Banyuwangi, dan PCNU Lumajang. Atas keberhasilan itu, masing-masing pemenang mendapatkan trofi, sertifikat, buku/kitab, serta uang pembinaan.

Selain Bupati Blitar yang mengapresiasi keberhasilan PCNU Kabupaten Blitar, Gubernur Jawa Timur H Soekarwo juga mengapresiasai atas keberhasilan tersebut.

PKB Kab Tegal

”Selamat Blitar terpilih. Semoga ini bisa menginisiasi cabang-cabang NU yang lain untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada masyarakat. Kapan NU Blitar ada acara, saya tak datang?” kata Pakde Karwo.

Mendapat pertanyaan begitu Ketua PCNU Kabupaten Blitar langsung menyatakan Gubenur Jatim bisa hadir pada acara Halal Bihalal. “Terima kasih pak Gubernur, nanti pada saat Halal Bihalal kita atur tanggalnya,” jawab Kiai Dain yang diamini Gubernur Jatim. (Imam Kusnin Ahmad/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Habib PKB Kab Tegal

Toleransi Antarumat, Perempuan Bangsa Bersih-Bersih Tempat Ibadah

Jakarta,PKB Kab Tegal. Dewan Pimpinan Pusat Perempuan Bangsa melaksanakan bakti sosial dengan membersihkan tempat ibadah yaitu masjid, gereja dan vihara di Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Almuhajirin Jakarta Utara (13/2), Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (14/2) dan Vihara Avalokitesvara akan dilaksanakan (17/2).

Menurut Ketua Umum Perempuan Bangsa Siti Masrifah, bakti sosial bertema Interfaith Week Days “Indahnya Cinta Kasih dalam Perbedaan” tersebut bertujuan membantu masyarakat tanpa membedakan suku, agama, maupun golongan tertentu.

Toleransi Antarumat, Perempuan Bangsa Bersih-Bersih Tempat Ibadah (Sumber Gambar : Nu Online)
Toleransi Antarumat, Perempuan Bangsa Bersih-Bersih Tempat Ibadah (Sumber Gambar : Nu Online)

Toleransi Antarumat, Perempuan Bangsa Bersih-Bersih Tempat Ibadah

Dikatakannya, Interfaith Week Days adalah suatu kegiatan yang didasari oleh kesadaran bahwa kerukunan dan toleransi antarumat beragama yang merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat majemuk dan plural seperti di Indonesia.

PKB Kab Tegal

“Jadi kegiatan ini tidak hanya terbatas untuk kaum muslimin saja, melainkan membantu agama lain,” terang salah seorang pengurus Pimpinan Pusat Fatayat NU ini melalui siaran pers yang diterima PKB Kab Tegal, Sabtu (14/2).

PKB Kab Tegal

Ditambahkannya, Perempuan Bangsa mempercayai sepenuhnya apa yang disampaikan KH Abdurrahman Wahid yang mengatakan bahwa “ jika kamu berbuat baik kepada sesamamu, maka mereka tak akan bertanya lagi apa agamamu”. Di lain kesempatan kiai yang disapa Gus Dur itu juga mengatakan, bahwa “di atas semuanya, yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan,”.

Kegiatan ini, kata Masrifah, melibatkan sekitar 200 relawan Perempuan Bangsa yang berasal dari berbagai daerah khususnya di wilayah Jabodetabek.

Sementara Sekretaris Jenderal DPP Perempuan Bangsa Luluk Nurhamidah mengatakan, Perempuan bangsa merupakan organisasi perempuan yang bersifat sosial politik dan pemberdayaan masyarakat.

Di samping itu, sambung dia, organisasi saya Partai Kebangkitan Bangsa tersebut, dijiwai dan disemangati prinsip-prinsip kebhinekaan, cinta kasih, toleransi, antidiskriminasi dan kekerasan, serta mengembangkan sikap persahabatan dan kerja sama, tanpa membedakan agama, suku, keyakinan, kelas sosial, dan gender.

“Salah satu wujud refleksi organisasi ini adalah gerakan kemanusiaan yang kita tunjukkan melalui kegiatan bakti sosial ini,” terangnya. (Red: Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Internasional PKB Kab Tegal

Jumat, 03 Januari 2014

Ensiklopedia NU, Mozaik Perjalanan Nahdlatul Ulama

Kurang lebih selama 88 tahun sejak 1926, Nahdlatul Ulama telah berjuang dan mengabdi bagi kemerdekaan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sebelum resmi berdiri pun, para pendiri Nahdlatul Ulama telah berjuang melalui lembaga-lembaga pendidikan klasik, yaitu pesantren. Pesantren hingga sekarang masih menjadi pertahanan moral, sekaligus menciptakan kader-kader bangsa yang mempunyai akhlaqul karimah dan setia dalam menegakkan dan memajukan bangsa dan negara seperti yang telah dilakukan para santri ketika berjuang melawan penjajah Jepang dan Belanda hingga akhir tahun 1949. 

Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan (jami’yah diniyah ijtima’iyah) selalu mereformasi diri sesuai dengan perkembangan zaman, namun tetap dalam kerangka Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) sebagai nilai dan ajaran pokok dalam pergerakannya. Nahadlatul Ulama sebagai suatu organisasi itu, hanyalah salah satu bagian saja dari sosok sejatinya yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Selain sebagai institusi, Nahdlatul Ulama mempunyai sisi tradisi dan khazanah pengetahuan yang semuanya berakar pada ajaran intinya tadi, yaitu Aswaja. Ajaran dan keyakinan yang menjadi pandangan dunia itu menentukan seluruh perilaku dan tradisi yang hidup serta menjadi salah satu pembentuk identitas. Sebagai derivasi ajaran Aswaja, warga NU (Nahdliyin) senantiasa mengedepankan 4 (empat) sikap kemasyarakatan, yaitu moderat (tawassuth), toleran (tawazun), seimbang (tasamuh), dan adil (i’tidal). 

Ensiklopedia NU, Mozaik Perjalanan Nahdlatul Ulama (Sumber Gambar : Nu Online)
Ensiklopedia NU, Mozaik Perjalanan Nahdlatul Ulama (Sumber Gambar : Nu Online)

Ensiklopedia NU, Mozaik Perjalanan Nahdlatul Ulama

Ajaran Nahdlatul Ulama bersumber dari rumusan-rumusan utuh menyeluruh yang disebut Aswaja tadi, meliputi aqidah, fikih, dan tasawuf yang menjadi sebuah sistem pandangan dunia Nahdlatul Ulama meliputi hubungan manusia dengan Allah swt (hablun minallah), hubungan manusia dengan manusia (hablun minannas), dan hubungan manusia dengan alam (hablun minal’alam). Dengan coraknya yang demikian, pandangan dunia yang dipegang Nahdlatul Ulama mampu menciptakan sebuah “tradisi agung” yang memberi corak dominan dalam sejarah panjang peradaban Nusantara hingga di tengah peradaban modern seperti sekarang.

PKB Kab Tegal

Buku Ensiklopedia Nahdlatul Ulama yang terdiri dari 4 jilid ini berusaha merunut perjalanan sejarah, tokoh, dan khazanah pesantren sebagai basis intelektual kaum Nahdliyin. Sebagai entitas dunia dengan Aswaja-nya, Nahdlatul Ulama mesti dipahami dengan melacak akar tradisi sosial keagamaan sebagai manifestasi ajarannya dan sejarah pembentukan tradisi santri Nusantara yang sangat kaya serta dinamika pasang surut, tegangan, dan rekonsiliasinya dalam keindonesiaan masa kini. Sebab itulah, Ensiklopedia Nahdlatul Ulama hadir dengan harapan mozaik-mozaik itu tertata rapi dan indah sehingga jejak perjuangan NU dalam mewarnai bangsa dan negara hingga sekarang dapat menjadi letupan energi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan sosial bangsa Indonesia secara umum. 

Dalam Ensiklopedia NU ini, nama-nama pesantren atau kiai biasa disebut dalam riwayat seorang tokoh yang dikenal. Misalnya, terdapat pesantren Siwalan dan Kiai Ya’kub dalam riwayat KH Hasyim Asy’ari. Tetapi nama-nama itu tidak dapat dieksplorasi lebih lanjut. Beberapa penulis seperti Choirul Anam (1985), MC. Ricklefs (2012), Martin van Bruinessen (1995), juga menyebut sejumlah pesantren pada abad ke-17 dan 18, tetapi jejaknya belum dapat dilacak. Di luar itu semua, sangat terasa adanya ketimpangan antara Jawa dan luar Jawa. Belum banyak data mengenai sejarah dan tokoh NU di luar Jawa. Semua “kekosongan” itu menyebabkan atau menyisakan garis yang terputus dalam perkembangan NU, pesantren, dan tokoh-tokoh yang menyertainya. Inilah yang kemudian harus menjadi agenda berikutnya dalam bentuk riset lebih lanjut. 

Ensiklopedia ini dilangkapi dengan esai foto, yang berfungsi tak sekadar sebagai ilustrasi biasa, melainkan sebuah rangkaian gambar yang saling berkait yang diharapkan dapat menampilkan makna secara utuh dan menghasilkan sebuah “narasi” tersendiri di luar teks ensiklopedia. Visualisasi yang ditampilkan dalam ensiklopedia ini tergolong baru yang menjadi salah satu kekuatannya. Sebab menjadi pendekatan historiografi tersendiri.

PKB Kab Tegal

Dalam ensiklopedia ini, foto dan gambar yang ditampilkan merupakan kegiatan sehari-hari di lingkungan pesantren dan masyarakat. Artinya historiografi (penulisan sejarah) dalam perspektif human interest sangat terasa dalam buku 4 jilid ini. Historiografi model ini berusaha mengangkat sejarah dalam lingkup kehidupan sehari-hari. Hal ini penting, sebab sejarah tidak hanya dipahami secara elitis. Namun bagaimana elitisitas tersebut terbentuk dalam kehidupan masyarakat. Tentu persoalan ini muncul dari asumsi bahwa sejarah tokoh-tokoh atau institusi terkenal tak lepas dari pengaruh kehidupan masyarakat di sekitarnya. Sebab itulah, ensiklopedia ini menghadirkan penulisan sejarah dengan pendekatan yang terbilang baru selain pendekatan multidimensional yang berusaha mengemukakan sejarah dalam berbagai bidang kehidupan seperti agama, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Selamat membaca!

Judul: Ensiklopedia Nahdlatul Ulama: Sejarah, Tokoh, dan Khazanah Pesantren

Penulis: M. Imam Aziz (et.al)

Penerbit: PBNU dan Mata Bangsa

Tebal: Jilid 1 (232 halaman), Jilid 2 (230), Jilid 3 (219), dan Jilid 4 (259)

Cetakan: Pertama, 2014 

ISBN: 978-979-9471-12-3 (no. jilid lengkap) / 978-979-9471-13-0 (jilid 1)

Peresensi: Fathoni, mahasiswa pascasarjana STAINU Jakarta

Dari Nu Online: nu.or.id

PKB Kab Tegal Warta PKB Kab Tegal